Refleksi pembelajaran terdiferensial

Prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun karakter peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Tiga komponen dalam pembelajaran terdiferensiasi adalah diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk. Diferensiasi konten itu materi harus sesuai dengan tigkat kemampuan anak, minat dan gaya belajar siswa. Diferensiasi cara guru mengajar dan membimbing siswa dengan menggunakan strategi yang beragam. Diferensiasi produk adalah cara siswa menyampaikan pemahaman masing-masing siswa berdasarkan bakat dan minta siswa. Dengan adanya diferensiasi ini diharapkan siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Sehingga semua siswa yang berbeda gaya belajar dan minat dapat terpenuhi kebutuhannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi tentang UdB (Understanding by Design)

HARI PERTAMA PAT DI SD AALS

2025 SD Astra Agro Lestari School Lolos 4 Judul QCC dan 1 Judul SS