Kunci Jawaban UKPPPG Topik 1 Modul 1 PPG Daljab 2025
Berikut ini adalah kunci jawaban UKPPPG modul 1 topik 1 (Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran) yang bisa dijadikan acuan.
Soal dan Kunci Jawaban UKPPPG Topik 1 Modul 1 PPG Daljab
Pada pembahasan soal topik 1 modul 1
ini, peserta UKPPPG harus menyelesaikan 10 butir soal mengenai pembelajaran
untuk peserta didik. Dikutip dari saluran Youtube I Gede Margunayasa dengan
judul Soal & Pembahasan UKPPPG 2024 Topik 1 Modul 1, berikut ini
adalah kunci jawaban yang bisa dijadikan acuan.
1.
Fase-fase yang perlu dilakukan
untuk merancang perencanaan pembelajaran berbasis prinsip (UbD) adalah ...
Jawaban:
E. merumuskan tujuan, merancang
asesmen, dan kegiatan pembelajaran.
2.
"Apa yang seharusnya
dilakukan, diketahui dan dipahami oleh peserta didik di akhir
pengajaran?". Pernyataan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan
melakukan tahap ...
Jawaban:
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
3.
Bagaimana saya dapat mengetahui
bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan?"
Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru ketika akan melakukan tahap....
Jawaban: C. Merancang asesmen.
4.
"Bagaimana saya mendesain
kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang beragam dapat mencapai tujuan
pembelajaran?" Merupakan pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan
pada tahap ...
Jawaban:
D. Merancang kegiatan pembelajaran
5.
Setelah memahami substansi CP,
guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari
oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan menjadi beberapa Tujuan
Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkret. Dalam merumuskan Tujuan
Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut,
kecuali...
Jawaban:
D. Merumuskan TP berdasarkan intuisi
pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
6.
Capaian Pembelajaran (CP) dapat
dirumuskan merujuk pada teori belajar konstruktivisme dan kurikulum dengan
pendekatan Understanding by Design (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins &
Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini, "memahami" merupakan
kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan
mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas
suatu fenomena. Terkait hal tersebut, pernyataan yang benar dalam kurikulum
Merdeka adalah....
Jawaban:
D. Pemahaman dimaknai sebagai suatu
proses kognitif yang komplek tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat
rendah.
7. Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Terkait hal tersebut, guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi yang dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali...
Jawaban:
B. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan.
8. Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali....
Jawaban:
B. Mendorong guru fokus pada
ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta
didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas
9.
Pernyataan terkait kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) berikut ini yang benar adalah...
Jawaban: E. Semua benar.
10.Pernyataan
terkait asesmen awal berikut ini yang kurang tepat adalah....
Jawaban: A. Asesmen awal berfungsi
untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan
kriteria capaian belajar yang ditetapkan.
Komentar
Posting Komentar